logo

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kediri Yang Baru

Rabu, 8 April 2020. Bertempat di aula utama pengadilan agama kabupaten kediri, diadakan pengambilan sumpah dan pelantikan ketua pengadilan agama kabupaten kediri yang baru, yakni B
Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kediri Yang Baru

Perpisahan Calon Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

Selasa, 7 April 2020. Di aula utama pengadilan agama kabupaten kediri diadakan perpisahan calon hakim. Acara ini dilakukan dalam rangka pelepasan para calon hakim yang telah selesa
Perpisahan Calon Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

Pelantikan Hakim dan Panitera Pengganti Baru

Selasa, 17 Maret 2020.Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kediri melantik satu hakim baru dan dua Panitera Pengganti. Acara tersebut bertempat di aula utama Pengadilan Agama Kab
Pelantikan Hakim dan Panitera Pengganti Baru

Tim Dari PTA Surabaya Melakukan Pembinaan di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

Tim dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya melakukan pembinaan di Pengadilan Agama kabupaten Kediri. Tim tersebut terdiri dari tiga orang. Diketuai oleh salah satu hakim penga
Tim Dari PTA Surabaya Melakukan Pembinaan di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

Tim Badan Pusat Statsitik Melakukan Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

Selasa, 25 Februari 2020. Tim dari Badan Pusat Statsitik (BPS) Kabupaten Kediri melakukan sosialisasi terkait sensus Penduduk tahun 2020 pada warga Pengadilan Agama Kabupaten Kedir
Tim Badan Pusat Statsitik Melakukan Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan Permohonan secara mandiri

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 258

RAPAT DINAS BULANAN DAN PEMBINAAN KETUA BARU

Selasa, 28 Mei 2019, bertempat di aula kantor Pengadilan Agama Kabupaten Kediri, semua unsur Pengadilan Agama Kabupaten Kediri megikuti rapat bulanan dan pembinaan. Sebagaimana bulan-bulan sebelumnya, forum ini diadakan dalam rangka pembinaan oleh pimpinan dan untuk mengevaluasi kinerja semua unsur.

Di depan sudah hadir jajaran pimpinan seperti Ketua Pengadilan yaitu Bapak Drs. H. Arifin, M.H. dan di dampingin oleh Wakil Ketua Pengadilan Bapak Drs. H. Syafiie Thoyyib SH., M.H. serta Panitera pengadilan Bapak Heri Eka Siswanta dan Sekretaris Pengadilan yaitu Bapak Alwie, S.H. Dalam hal ini, Bapak Alwie, S.H. selaku sekretaris bertindak sebagai moderator.

Rapat ini merupakan rapat perdana sejak bapak Drs. H. Arifin, M.H. senjabat sebagai ketua di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Pada kesempatan rapat koordinasi dan pembinaan kali ini, setelah mengenalkan diri dan biografinya dengan singkat, ketua pengadilan menyampaikan beberapa hal. Bahwa, sudah dipastikan untuk hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 tetap masuk seperti biasa meskipun hari kamis dan untuk hari sabtunya juga libur. Karena itu bapak ketua menghimbau agar hari jumat tersebut aktifitas kantor berjalan sebagaimana biasa. Kemudian, bapak ketua juga menghimbau seluruh jajaran keluarga besar Pengadilan Agama Kabuaten Kediri agar mengikuti upacara hari kebangkitan pancasila.

Menurut beliau, karena upacara ini adalah acara kenegaraan, maka hendaknya dipersiapkan dengan matang. Begitu juga peserta upacara hendaknya mengikuti dengan tertib. Kemudian, bapak Arifin juga menghimbau agar pasca lebaran nanti, tanggal 10 Juni 2019 kegatan kantor sudah mulai normal. Kemudian, seiring dengan akan masuknya wakil ketua yang baru ke Pengadilan Agama Kabupaten Kediri, maka harus dipersiapkan acara pelantikan setelah lebaran nanti. 

Bapak ketua dalam kesempatan kali ini juga menghibau agar terus meningkatkan kinerja. Terutama kinerja dalam pengelolaan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP),  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), juga pelayaan perkara melaui e-court. Ketiga hal ini menjadi sorotan dari pihak dirijen.

Wakil Ketua Pengadilan Bapak Drs. H. Syafiie Thoyyib SH., M.H. berpesan bahwa dalam menyelesaikan perkara jangan sampai membuat para pihak atau pengacara tidak nyaman. Hal ini harus menjadi perhatian semua unsur dalam memberikan pelayanan. Bapak wakil juga berpesan sebagaimana yang telah diketahui bahwa Pengaidilan Agama Kabupaten Kediri telah mencanangkan zona intergritas, hal ini jangan sampai berhenti pada formalitas saja. Namun harus ditindaklanjuti hingga menjadi budaya kerja.

Beliau melanjutkan bahwa kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan disiplin pegawai juga harus ditingkatkan. PTSP memang dirancang untuk memberikan pelayanan yang integral pada masyaraat. Soal disiplin pegawai, yang perlu ditekankan adalah bagaimana soal apel senin pagi dan jumat sore. Hal ini harus ikuti oleh semua unsur.

Masih berdasarkan paparan Bapak wakil ketua, soal e-court dan website juga harus dimaksimalkan. Pengadilan Agama Kabuaten Kediri salah stau pengadilan yang telah mengaktikan e-court. Hanya saja belum banyak yang berperkara melalui e-court. Namun petugas terkait harus siap untuk menerima perkara melalui e-court. Soal website harus dimaksimalkan. Website menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengakses berbagai infromasi terkait Pengadilan. Karena itu, conten website harus terus diperbaharui.

Pada kesempatan ini, Panitera pengadilan Bapak Heri Eka Siswanta menekankan bahwa semua unsur harus melaksanakan tugas dengan cermat dan hati-hati. Ini penting untuk menghindari kesalahan-kesalahan. Panitera juga menekankan bahwa kinerja SIPP, e-court, dan PTSP menjadi penilaian dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA).

Panitera juga menghimbau para hakim agar terus meningkatkan kinera dala pengelolaan perkara. Terutama terkiat tenggang waktu penyelesaian perkara. Begitu jugga dengan program one day minute dan one day publish. Bahwa program one day minute dan one day publish juga harus diikuti dengan kualitas. Jangan sampai karena mengejar program tersebut aspek kualitas terabaikan. Ini memang butuh kutekunan tersendiri, namun dengan tekat yang utuh hal ini bisa diusahakan.

Pada kesempatan kali ini, Sekretaris Pengadilan yaitu Bapak Alwie, S.H. menyampaikan bahwa dalam rangka upacara hari lahiran pancasila 1 Juni mendatang, telah dibentuk petugas-petugasnya. Karena itu, beliau menghimbau agar petugas terkait mempersipkan dengan matang. Beliau juga menghimbau agar dilakukan gladi bersih sebelum pelaksanaan upacara. Hal ini agar pelaksanaa upacara nanti berjalan lancar.

@Redatur

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kabupaten Kediri

Jl. Sekartaji No.12, Doko,
Ngasem, Kediri,
Jawa Timur 64182

(0354) 682175

(0354) 682175

pa.kedirikab@gmail.com / mail@pa-kedirikab.go.id / kepaniteraan.kabkediri@gmail.com