logo

Written by Super User on . Hits: 186

Pekerja Kantoran, Patuhi Protokol Kesehatan!

 

Hari-hari ini, persoalan Covid-19 di Indonesia bukan lagi jadi bahan candaan. Data kemenkes minggu lalu, 19 September 2020, yang terkonfirmasi, sudah mencapai di atas 240.000 kasus.

Di kota-kota besar, persoalan Covid menjadi masalah berkepanjangan. Belum lagi sebagian negara menutup diri terhadap WNI. Itu jadi beban tersendiri.

Keadaan makin memburuk. Dibukanya PSBB menghasilkan banyak klaster baru di banyak tempat. Data terakhir, klaster-klaster baru itu tumbuh subur di perkantoran. Yang sudah terkonfirmasi, paling tidak 39 klaster di kementrian. Terdiri dari 1.223 kasus.

Memang. Mereka yang harus terus bekerja di masa pandemi. Mereka itu pahlawan. Mereka yang membuat negara ini tetap berjalan. Mereka yang membuat gir-gir negara tetap berputar.

Namun, meski begitu, mereka ini harus ekstra hati-hati dalam menjalankan pekerjaan. Kita belum tau, kapan pandemi ini akan berakhir di negara kita. Karena itu, mereka yang harus tetap bekerja di masa pandemi itu harus ekstra hati-hati. Patuhi protokol kesehatan.

Apa poin penting ptotokol kesehatan? Pertama, jaga kebersihan tangan. Jangan malas cuci tangan. Apakah dengan hand sanitaizer atau dengan air mengalir. Pakai sabun.

Tidak hanya telapak tangan, tapi seluruh bagian tangan. Mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela, dan juga ujung-ujung jari.

Kedua, jangan menyentuh wajah. Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah. Terutama mata, hidung, dan mulut. Karena virus akan masuk melalui bagian-bagian itu.

Ketiga, terapkan etika batuk dan bersin. Jika batuk atau bersin, tutup dengan lengan atas bagian dalam. Bagian ini cukup aman untuk menutup mulut ketika bersin. Karena bagian itu relatif tidak terpakai untuk aktivitas. Bisa juga menutup mulut dan hidung dengan tisu saat bersin atau batuk. Dan setelah itu langsung buang.

Empat, pakai masker. Pakai masker medis bagi yang punya gejala batuk atau bersin. Bagi yang tidak punya gejala itu, cukup pakai masker non-medis.

Lima, jaga jarak. Jaga jarak. Dan sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan orang lain. Termasuk bersalaman. Untuk sementara jangan. Juga minimalisir kerumunan. Dan tidak mengadakan acara yang mengumpulkan banyak orang.

Enam, isolasi mandiri. Terutama yang mengalami gejala demam, pilek, nyeri tenggorokan, dan gejala lain. Segera isolasi mandiri.

Tujuh, jaga kesehatan. Tetap jaga kesehatan. Jaga agar tubuh tetap fit. Konsumsi nutrisi seimbang. Jangan tinggalkan olah raga. Jangan biarkan anti bodi lemah.

Para pekerja kantoran. Luar biasa. Tetap bekerja di masa pandemi. Membuat gir negara tetap berputar. Meski begitu. Harus hati-hati.

Mari, bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid dengan mematuhi protokol kesehatan. Agar tidak muncul klaster baru di perkantoran. Mari saling menjaga. Sayangi diri dan keluarga. []

 

Oleh: M. Khusnul Khuluq, S.Sy., M.H.
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Layanan dan Prosedur Berperkara Untuk Disabilitas

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kab. Kediri

Jl. Sekartaji, No. 12 - 64101

Ngasem - Kabupaten Kediri

Jawa Timur Telp: 0354 - 682175

fc    ig   youtube

 

 

Pengadilan Agama Kabupaten Kediri@2020