KETUA

Vinaora Nivo Slider

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

WAKIL

Sipp

SISA PANJAR

Direktori Putusan

JDIH

Selamat Datang

اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ. Selamat Datang di Website Resmi Penadilan Agama Kab. Kediri. وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

PROSEDUR  INFORMASI

 

A. Umum

 1.   Prosedur pelayanan informasi di pengadilan terdiri dari:

a. Prosedur Biasa; dan

b. Prosedur Khusus.

 2.   Prosedur Biasa digunakan dalam hal:

a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;

b. Informasi yang diminta bervolume besar;

c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau

d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.

 3.  Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung   dan informasi yang diminta:

  • a. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
  • b. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah  tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah  diketik atau sudah diterima dari ihak atau pengadilan lain);
  • c. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
  • d. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk  penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

 4.   Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan   alasan untuk menolak pemberian informasi.

 5.   Petugas Informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan    permohonan.

 6.   Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru     dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang   berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh    Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

 

B. Prosedur Biasa

 Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa dilakukan sesuai dengan skema alur dalam gambar berikut:

 

Klik Gambar Untuk Memperbesar

 

1.   Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan  dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan   Model A dalam Lampiran III).

 2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan     dalam Lampiran IV). 

3.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada    Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang   diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.

 

4.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID  apabila formasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya   membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.

 5.   PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang      Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.

 6.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID      menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal   permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan      Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V).

 7.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID      meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari      dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk      mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam      Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga)   hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani,

      dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan    Tertulis PPID dalam Lampiran VI).

 8.   Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana      dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya     dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.

 9.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin      melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk      menggandakan atau tidak informasi tersebut.

 10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi      tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas      Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda      Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII).

 11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy),     Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke     email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan      dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya. 

12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan      memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang   termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka   waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.                                    

13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12      selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan      selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.

 14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk      mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir      dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.

 15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

  


C. Prosedur Khusus

      Proses pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur khusus, mengikuti     skema alur dalam gambar berikut:

 

1.   Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format      Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII). 

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan      dalam Lampiran IV).

 3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja      terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya      perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk pengandaannya. 

4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID,      Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan      informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir      permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B      dalam Lampiran VIII). 

5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi      kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk      Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15. 

6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin      melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk      menggandakan atau tidak informasi tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Deretan Berita