KETUA

Vinaora Nivo Slider

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

WAKIL

Sipp

SISA PANJAR

Direktori Putusan

JDIH

Selamat Datang

اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ. Selamat Datang di Website Resmi Penadilan Agama Kab. Kediri. وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

DASAR HUKUM BERDIRINYA PENGADILAN AGAMA KAB. KEDIRI

  1. Dasar Hukum Pembentukan Pengadilan Agama Kab. Kediri

–Pengadilan Agama Kab. Kediri dibentuk berdasarkan Ordonatic sadblat 1882-152 tentang Peradilan Agama di pulau Jawa dan Madura.

–Kemudian terjadi perubahan wilayah hukum Pengadilan Agama Kab. Kediri berdasrkan SK Menteri Agama Nomor : 232/1989 tanggal 1 Januari 1989, Karena dengan berdirinya Pengadilan Agama Kodya Kediri dengan SK yang sama,

 

  1. Sejarah Kabupaten Kediri

–Kabupaten Kediri yang kini meliputi daerah seluas 1.386.05 Km2 atau 138.605 ha terbagi dalam wilayah kerja 26 Kecamatan meliputi 344 Desa / Kelurahan dengan penduduk sejumlah 1.445.695. Jiwa dalam riwayat perkembanganya sejak dahulu kala merupakan salah satu daerah yang memegang peranan penting dalam membentuk serta mewarnai sejarah Nusantara.

–Dengan berpindahnya dinasti kerajaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur pada tahun 929 Masehi yang dipelopori Mpu Sendokmaka dinasti Isanah dikembangkan. Pusat dinasti ini terletak dedekat sungai Brantas dengan Raja Sendok yang senang menganut Agama Syiwa yang punya toleransi tinggi terhadap agama lain.

–Kediri mengalami masa gemilang saat naiknya Raja Jayabaya pada tahun 1135 M, dimana Jayabaya dapat mempersatukan kerajaan Jenggala dan Kediri. Kemenangan Jayabaya disertai dengan terbitnya Kitab Bharata Yudha karangan Mpu Sedah dan Mpu Panuluh tahun 1157 M. wilayah kerajaan Kediri waktu itu meliputi Madiun dan Ponorogo disebelah barat. Samudera Indonesia sebelah selatan, Surabaya disebelah Utara dan sebelah Timur menjangkau Malang dan Pasuruan.

 

–Kediri di jaman Belanda tetap menjadi daerah yang penting karenakesuburannya dan letaknya yang strategis akan tetapi Belanda dengan kelicikanya memecah belah danmenguasai hingga tahun 1811 M, Belanda kemudian membentuk Karesidenandan kabupaten di pulau Jawa, Bupati Kediri pada waktu itu bergelar RadenAdipati dan karena Daerah Kediri ternyata Daerah yang penting maka dijadikanibu kota Karesidenan yang membawahi Kab. Kediri, Kodya Kediri , Nganjuk, Tulungaggung, Trenggalek, dan Blitar.

 

  1. Daerah

–Lokasi dan luas Kabupaten 1.386.05 Km2 atau 138.605 ha

–Secara Astronomis KabupatenKediri terletak antara :

11147’05-11218’20 Bujur timur

736.12-80’32 Lintang selatan

–Secara Geografis atau secara administrative (kewilayahan ) Kabupaten Kediri berbatasan sebagai berikut :

Sebelah utara Daerah Tk.II Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk

Sebelah selatan Daerah Tk II Kbupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung.

Sebelah timut Daerah Tk II Kabupaten Malang dan Kabupaten Jombang

Sebelah Barat Tk II Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Tulungagung

 

  1. Sejarah Pembentukan Pengadilan Agama Kab. Kediri

–Masa sebelum penjajahan(tidak diketemukan data tentang hal ini)

–Masa penjajahan Belanda sampai dengan Jepang ( tidak diketemukan data tentang hal ini)

–Masa kemerdekaan, pada masa ini Pengadilan Agama Kediri dibentuk dan baru pada tahun 1951 yaitu dengan undang-undang No.1 tahun 1951 yang menjadi undang-undang No. 1 tahun 1961, Peradilan Agama diakui peran dan eksistensinya, disusul dengan UU No. 19 tahun 1964 yang kemudian digantikan dengan UU No. 14 Tahun 1970 LN 1970-74 Peradilan Agama diakui sebagai salah satu dari empat Peradilan Negara yang sah.

–Masa berikutnya UU no. 1 / 1974, pada masa ini fungsi pengadilan Agama bertambah, sebab dengan lahirnya UU ini dimana segala jenis perkara bidang perkawinan bagi mereka yang beragama Islam menjadi wewenang Pengadilan Agama untuk menyelesaikanya.

–Masa berlakunya UU. No. 7 / 1989, dengan berlakunya UU ini Pengadilan Agama semakin mantap dalam menjalankan tugas dalam menyelesaikan perkara.

Deretan Berita