Logo2021

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA KAB. KEDIRI
lambang1 lambang2 lambang3 lambang4 lambang5 lambang6 lambang7

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 77

AREA V - PENGUATAN PENGAWASAN

Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi Pengadilan Agama Kabupaten Kediri yang bersih dan bebas KKN. Target yang ingin dicapai :

  1. Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan Negara.
  2. Meningkatnya efektivitas keuangan Negara.
  3. Mempertahankan predikat WTP dari WBK
  4. Menurunnya tingkat penyalahagunaan wewenang

Atas dasar hal tersebut maka terdapat beberapa indicator yang dilakukan untuk menerapkan penguatan pengawasan yaitu:

A. Pengendalian gratifikasi.

1. Pengadilan Agama Kabupaten Kediri telah melakukan publik campaign tentang pengendalian gratifikasi

2. Melaksanakan public campaign dilokasi layanan melalui pemasangan spanduk, banner, running text larangan gratifikasi. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: capture banner/spanduk/media public campaign

3. Pengadilan Agama Kabupaten Kediri telah mengimplementasikan pengendalian gratifikasi:

  1. Membentuk unit pengendali gratifikasi
  2. Memasang kamera CCTV pada area layanan. Kegiatan tersebut dilengkapi SK UPG, capture kamera pengawas(CCTV) dan tampilannya.

B. Penerapan SPIP.

Pengukuran indikator ini dilakukan dengan mengacu pada kondisi yang seharusnya dilakukan:

1. Pengadilan Agama Kabupaten Kediri telah membangun lingkungan pengendalian meliputi:

  1. Melakukan sosialisasi SPIP serta kode etik
  2. Membentuk tim SPIP
  3. Melaksanakan pengawasan dan monitoring pada layanan. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung dokumen sosialisasi SPIP(undangan notulen daftar hadir foto sosialisasi), SK tim SPIP dokumen pengawasan dan monitoring pada layanan.

2. Satuan kerja telah melakukan penilaian resiko atas pelaksanaan kebijakan

  1. Melakukan identifikasi resiko
  2. Melakukan analisis resiko terhadap factor kemungkinan dan factor dampak. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: dokumen matrik identifikasi resiko, dan dokumen analisis resiko.

3. Satuan kerja telah melakukan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi. Membuat laporan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi. Kegiatan tersebut telah dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi.

4. Satuan kerja telah menginformasikan dan megimplementasikan SPIP kepada seluruh pejabat terkait meliputi kegiatan berupa sosialisasi SPIP kepada pegawai melalui apel senin pagi dan apel jumat sore. Kegiatan dokumen dilengkapi data dukung: dokumen (foto naskah arahan, pembinaan apel) pada saat pelaksanaan apel.

C. Pengaduan Masyarakat.

1. Kebijakan pengaduan masyarakat telah diimplementasikan dengan kegiatan:

  1. Menunjuk petugas pengaduan masyarakat
  2. Menyediakan petugas/ruang/loket/kotak pengaduan.
  3. Menyediakan informasi sarana penyampaian pengaduan
  4. Mengelola pengaduan melalui media web aplikasi SIWAS, SMS gatheway dan meja informasi. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: SK petugas pengaduan masyarakat, capture petugas/ruang/loket/kotak pengaduan, Capture spanduk/banner, Capture sarana pengaduan, melalui media web, aplikasi SIWAS, SMS gatheway dan meja informasi.

2. Laporan pengaduan masyarakat yang diterima ditindak lanjuti:

  1. Merespon pengaduan masyarakat
  2. Menindak lanjuti pengaduan masyarakat. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: capture respon pengaduan masyarakat, nota dinas penyampaian pengaduan masyarakat kepda bagian terkait.

3. Monitoring evaluasi pengaduan masyarakat:

  1. Melakukan perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring
  2. Menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi kepada bagian terkait. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung : laporan monitoring dan evaluasi pengaduan setiap bulan, nota dinas penyampaian pengaduan masyarakat kepada bagian terkait untuk di tindak lanjuti.

4. Evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindak lanjuti. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan dokumen laporan tindak lanjut atas laporan monitoring dan evaluasi laporan pengaduan.

D. WBS (Whistle Blowing System)

  1. WBS sudah di internalisasi kepada seluruh pegawai melalui apel atau bintek atau sosialisasi
  2. WBS telah diterapkan
  3. Telah dilakukan evaluasi terhadap penerapan WBS
  4. Hasil evaluasi atas penerapan wbs telah ditindak lanjuti. Kegiatan-kegiatan dilengkapi dengan data dukung berupa dokumen internalisasi WBS meliputi undangan, notulen, daftar hadir, foto pembinaan, capture aplikasi WBS, dokumen laporan hasil evaluasi, dokumen laporan tindak lanjut hasil evaluasi.

E. Penanganan benturan kepentingan

  1. Telah dilaksanakan identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
  2. Melakukan identifikasi benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
  3. Penanganan benturan kepentingan telah di sosialisasikan
  4. Penanganan bentukran kepentingan telah diimplementasikan dengan cara menerapkan penempatan pegawai pada jabatan tertentu tanpa ada konflik kepentingan dengan tugasnya disertai surat pertanyaan bebas dari benturan kepentingan
  5. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan
  6. Telah dilakukan tindak lanjut atas hasil evaluasi terhadap penanganan benturan kepentingan. Kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen pemetaan benturan kepentingan, dokumen sosialisasi penanganan benturan kepentingan, surat pernyataan bebas dari benturan kepentingan, laporan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan dan laporan tindak lanjut atas penanganan benturan kepentingan.

Adapun eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah sebagai berikut :

PENILAIAN KERJA

DATA PENDUKUNG WBK 2020

DATA PENDUKUNG WBBM 2021

1

Pengendalian Gratifikasi

Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Public Campaign Gratifikasi

Inovasi dan SK Pedoman Pengendalian Gratifikasi

Pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi

2

Penerapan SIPP

SK Satgas SPIP

SK Tim Risk Register, Satgas SPIP, Tim Manajemen Resiko, dan Eviden Inovasi

Laporan Hawasbid

Peta Resiko, Turunannya Register dan Menajemen Resiko

Rapat Pengendalian Manajemen Resiko

Laporan Hawasbid

Rapat Sosialisasi Manajemen Resiko

Rapat Sosialisasi SPIP

3

Pengaduan Masyarakat

SK Meja Pengaduan dan Operator SIWAS

Kebijakan Pengaduan Masyarakat dan SK Meja Pengaduan dan Operator SIWAS

Register Meja Informasi

Laporan Tindak Lanjut Hasil Temuan / BAP Hukuman Disiplin

Monev Penanganan Pengaduan

Monev Penanganan Pengaduan

Laporan Tindak Lanjut Hasil Temuan / BAP Hukuman Disiplin/SK KMA 076 Tahun 2009 Berubah Menjadi Perma 9 Tahun 2016 SK Penunjukan Petugas Pengaduan

Evaluasi Penanganan Pengaduan

4

Whistle-Blowing System

Internalisasi Whistle Blowing melalui SIWAS

Internalisasi Whistle Blowing

Penerapan Whistle Blowing

Penerapan Whistle Blowing

Monev WBS

Monev WBS

Tindak Lanjut Evaluasi WBS

Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat

5

Penanganan Benturan Kepentingan

SK Tim Benturan Kepentingan

Pedoman Benturan Kepentingan

Sosialisasi Benturan Kepentingan

Sosialisasi Benturan Kepentingan

Penanganan Benturan Kepentingan yang Diimplementasikan

Penanganan Benturan Kepentingan yang Diimplementasikan

Monev Penanganan Benturan Kepentingan

Monev Penanganan Benturan Kepentingan

Penanganan Benturan Kepentingan Yang Ditindaklanjuti

Tindak Lanjut Pengaduan Benturan Kepentingan

6

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

Layanan dan Prosedur Berperkara Untuk Disabilitas

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kab. Kediri

Jl. Sekartaji, No. 12 - 64101

Ngasem - Kabupaten Kediri

Jawa Timur Telp: 0354 - 682175


Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

         Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


fc   ig  youtube MAPS 2


 

Pengadilan Agama Kabupaten Kediri@2020