prosedur-pengaduan

PROSEDUR PENGADUAN

PENGADILAN AGAMA KAB KEDIRI

 Bagi para pencari keadilan yang merasa tidak puas atau dirugikan atas pelayanan kami, dapat menyampaikan kepada kami, dengan ketentuan sebagai sebagai berikut :

 
SYARAT PENGADUAN
1.
Pengaduan harus mencantumkan dan memiliki :
 
a.
Identitas jelas, meliputi : nama, alamat dan conactperson / no telp
 
b.
Menyampaikan/membawa/melampirkan data serta bukti-bukti yang dapat
    dipertanggungjawabkan secara hukum
     
2.
Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diperoses dalam menu pengaduan di
  Pengadilan Agama Kab Kediri adalah sebagai berikut :
 
a.
Pelayanan
    Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Pelayanan persidangan di Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Mal administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat administrasi
     
 
b.
Pelanggaran
    Pelanggaran disiplin kerja pegawai Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Pelanggaran pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut petugas/pegawai Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidak pahaman
     
 
c.
Pungutan Liar
    Pungutan liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Agama Kab Kediri 
    Pungutan liar oleh Petugas di luar kantor Pengadilan Agama Kab Kediri 
     
LAYANAN PENGADUAN
Seluruh pengaduan yang berkenaan dengan perseolan tersebut di atas dapat disampaikan melalui beberapa cara, antara lain :
1.
Datang langsung ke Pengadilan Agama Kab Kediri pada setiap hari kerja Senin
 
s/d Kamis pukul 07.30 s/d 16.00 WIB : Jum’at 07.00 s/d 16.00 WIB
  dan mengadukan perseolan baik secara langsung (berbicara) atau tertulis
  yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Kab Kediri dengan menjelaskan
  dan sedapat mungkin membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan
  aduannya tersebut. Apabila pengaduan dikirim melalui pos dalam amplop
  tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut
  adalah surat pengaduan dengan menulis kata “PENGADUAN PADA
  PENGADILAN” di bagian kiri atas amplop :
   
2.
Melalui telepon atau SMS di 081133303567
   
   
3.
Menyampaikan pengaduan melalui e-mail di pa.kedirikab@gmail.com/kepaniteraan.kabkediri@gmail.com
   
4.
Melalui kotak saran yang terpasang di ruang tunggu sidang kantor
  Pengadilan Agama Kab Kediri 
   
PENERIMAAN PENGADUAN
   
1.
Pengadilan Agama Kab Kediri akan menerima setiap pengaduan yang diajukan
  oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
   
2.
Pengadilan Agama Kab Kediri akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan
  dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan
  pengaduan.
   
3.
Pengadilan Agama Kab Kediri akan memberikan tanda terima, jika pengaduan
  diajukan secara tertulis
   
4.
Pengadilan Agama Kab Kediri hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang
  mencantumkan identitas pelapor
   
5.
Pelapor sedapat mungkin menyantumkan identitas dan mengirimkan atau
  menyertakan bukti yang dapat menguatkan adanya tersebut, namun
  demikian selama informasi dalam pengaduan benar dan memiliki dasar
  yang kuat, pengaduan tersebut akan tetap di tindak lanjuti walaupun tidan
  mencantumkan identitas (076/KMA/SK/VI/2009 Bab VIB poin 2)
   
6.
Setiap data dan identitas yang diberikan oleh pelapor akan dirahasiakan