prosedur-berperkara

  

Perkara Tingkat Pertama

  1. Para pencari keadilan membawa surat gugatan/permohonan menuju ke Meja I / Ruang Pendaftaran.
  2. Petugas pengadilan memberikan SKUM dan slip setoran Bank BRI, kemudian lakukan pembayaran panjar biaya perkara di Bank BRI Payment Point Bank BRI PA Kab Kediri
  3. Setelah proses diatas selesai silahkan ajukan ke ruang pendaftaran maka permohonan/gugatan anda akan diproses.
  4. Setelah dilakukan pendaftaran maka anda akan dipanggil untuk sidang yang pertama oleh Jurusita dari Pengadilan Agama.

Perkara Banding

  1. Permohonan Banding disampaikan secara tertulis / lisan dalam waktu 14 hari setelah putusan dibacakan / diberitahukan.
  2. Membayar Panjar biaya Perkara Banding.
  3. Panitera membuat akta pernyataan banding.
  4. Para Pihak membuat memori / kontra memori Banding.
  5. Pengadilan Agama mengirim berkas Perkara Banding ke Pengadilan Tinggi Agama.
  6. Salinan Putusan Banding dikirim oleh Pengadilan Tinggi Agama.
  7. Pengadilan Agama menyampaikan salinan putusan kepada Para Pihak.

Perkara Kasasi

  1. Permohonan Kasasi disampaikan secara tertulis / lisandalam waktu 14 hari setelah putusan diberitahukan.
  2. Membayar Panjar biaya Perkara Kasasi.
  3. Panitera membuat akta pernyataan Kasasi.
  4. Para pihak membuat memori/kontra memori Kasasi.
  5. Pengadilan Agama mengirim berkas Perkara Kasasi ke Mahkama Agung.
  6. Mahkama Agung mengirimkan salinan Putusan Kasasi ke Pengadilan Agama.
  7. Pengadilan Agama menyampaika salinan Putusan kepada Para Pihak.

Perkara Peninjauan Kembali

  1. Pemohon mengajukan permohonan peninjauan kembali ke Mahkama Agung secara tertulis /lisan dalam waktu yang telah ditentukan oleh undang-undang.
  2. Pengajuan PK dalam tenggang waktu 180 hari sesudah penetapan/putusan Pengadilan mempunyai kekuatan Hukum tetap / sejak ditemukan kebohongan / bukti baru.
  3. Membayar Panjar biaya Perkara peninjauan kembali.
  4. Pihak lawan berhak mengajukan surat jawaban terhadap memori PK dalam tenggang waktu 30 hari setelah tanggal diterimannya salinan permohonan PK.
  5. Pengadilan Agama mengirim berkas Perkara Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung.
  6. Mahkama Agung menyampaikan salinan Putusan Peninjauan kembali kepada Pengadilan Agama.
  7. Pengadilan Agama menyampaikan salinan putusan Peninjauan kembali kepada Para Pihak
 
 

Catatan:
– Untuk Perkara lain-lain yang tidak termasuk dalam daftar di atas bisa dilihat/dibaca langkah-langkahnya seperti yang tertera dibawah ini:

 

Langkah-langkah yang harus dilakukan :

  1. Penggugat / Pemohon datang ke Pengadilan Agama Kab Kediri mengajukan Gugatan / Permohonan secara tertulis atau lisan bagi yang tidak pandai membaca dan menulis (buta huruf) ke bagian Penerimaan Perkara untuk dibuatkan surat Gugatan / Permohonan yang di tanda tangani oleh Ketua Pengadilan Agama / Hakim yang ditunjuk.
  2. Penggugat / Pemohon membayar Panjar Biaya Perkara di BRI Kediri yang besarnya sesuai dengan taksiran Meja I berdasarkan PP RI No.53 Tahun 2008 dan SK Bersama Ketua Pengadilan Agama Kab Kediri Nomor:W13-A9/HK.008/106/2018. Tanggal 03 Januari 2018
  3. Menyerahkan bukti pembayaran Panjar Biaya Perkara dari BRI ke Meja I untuk selanjutnya dibuatkan SKUM(Surat Kuasa Untuk Membayar) dan dimasukkan dalam berkas perkara setelah diberi stempel lunas satu lembar dan kepada pihak penggugat / pemohon satu lembar
  4. Penggugat / Pemohon yang tidak dapat membuat gugatan / permohonan sendiri dibantu pembuatannya oleh Meja I  berdasarkan cerita / keterangan penggugat / pemohon sendiri yang sebelum di tanda tangani terlebih dahulu  dibacakan secara keseluruhan tanpa dipungut biaya.
  5. Penggugat / Pemohon selanjutnya menyerahkan surat gugatan / permohonan yang disertai dengan bukti pembayaran (SKUM) kepada Meja II untuk didaftarkan dalam Register Induk Perkara yang dikelola oleh Meja II. dan selanjutnya petugas meja II menyerahkan satu surat gugatan / permohonan kepada penggugat / pemohon.
  6. Penggugat / Pemohon pulang ketempat tinggalnya dan menunggu panggilan sidang yang akan disampaikan oleh juru sita ke alamat penggugat / pemohon minimal 3 hari sebelum sidang. Jika Pengugat / pemohon ketika disampaikan panggilan sidang oleh jurusita kealamatnya tidak bertemu maka panggilan disampaikan melalui kepala desa atau lurah wilayah tempat tinggal penggugat / pemohon.
  7. Penggugat / Pemohon datang ke Pengedalian Agama Kab Kediri sesuai dengan panggilan sidang dan mendaftarkan diri untuk menghadiri sidang.
  8. Penggugat / Pemohon menunggu antrian sidang sesuai dengan nomor urut antrian sidang.

Persyaratan Mengajukan Gugatan / Permohonan Perceraian antara lain :

  • Fotocopy kutipan Akta Nikah / duplikatnya sebanyak 1 lembar dan fotocopy KTP Penggugat / Pemohon yang masih berlaku sebanyak 1 lembar, masing-masing fotocopy diberi materai Rp. 6.000,- dan di legalisasi (legis) di Kantor Pos.
  • Surat Keterangan Ghaib yang dibuat oleh Kepala Desa setempat (jika Tergugat / Termohon tidak diketahui alamatnya)
  • Surat ijin dari atasan (jika Penggugat / Pemohon PNS/TNI/POLRI)
  • Surat Keterangan tidak mampu yang dibuat Kepala Desa setempat dan diketahui oleh Camat. (Jika Penggugat / Pemohon warga tidak mampu/miskin)
  • Surat Kuasa Khusus (jika Penggugat / Pemohon telah menguasakan kepada Pengacara / Advokat, dan Surat Kuasa Insidentil jika Penggugat / Pemohon menguasakan kepada keluarga yang disertai dengan Surat Ijin Berperkara dari Ketua Pengadilan Agama Pelaihari)
  • Membayar Panjar Biaya Perkara di Bank BRI sesuai dengan taksiran oleh Meja I.