Logo2021

ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA KAB. KEDIRI
lambang1 lambang2 lambang3 lambang4 lambang5 lambang6 lambang7

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 136

AREA III - PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

Penataan sistem manajemen SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pengadilan Agama Kabupaten Kediri menuju WBK.

Target yang ingin dicapai dalam Area III ini adalah:

  1. Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri pada masing-masing unit kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK.
  2. Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri menuju WBK.
  3. Meningkatnya disiplin, efektivitas dan profesionalitas SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri.

Untuk mencapai target tersebut terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan dengan menerapkan sistem manajemen SDM di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri dengan kegiatan sebagai berikut : 

A. Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan:

-    Melakukan Analisis Beban Kerja melalui rapat kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan, mengusulkan kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan dan ABK. Kegiatan tersebut undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat, dokumen kebutuhan pegawai, peta jabatan, ABK, surat usulan kebutuhan pegawai.

-    Penempatan pegawai yang mengacu pada kebutuhan pegawai, menempatkan pegawai hasil rekrutment berdasarkan usulan kebutuhan pegawai yang disetujui Kementrian PAN RB. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: dokumen persetujuan MENPAN, SK, surat penempatan pegawai, purat perintah melaksanakan tugas.

-        Monitoring dan evaluasi penempatan pegawa:melaksanakan monitoring dan evaluasi penempatan pegawai terhadap kinerja unit, membuat laporan monitoring dan evaluasi penempatan pegawai. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung : dokumen monitoring, evaluasi kinerja pegawai baru.

        -    Pola mutasi internal.

B. Dalam melakukan pengembangan karir pegawai telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan. Indikator yang dapat dilakukan adalah kegiatan rapat pimpinan dalam rangka mutasi antar jabatan yang mengacu pada pengembangan karier pegawai.Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat mutasi internal SK mutasi, daftar riwayat pekerjaan dan daftar riwayat hidup.

C. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan dengan mengacu kepada kompetensi jabatan. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat mutasi internal SK mutasi internal DRH dan DRP, daftar riwayat pendidikan, dan diklat dari pegawai yang dilakukan mutasi.

D. Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang bertujuan untuk perbaikan kinerja: melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi. Yang dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja, membuat laporan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung : Dokumen monitoring dan evaluasi yang berkaitan dengan perbaikan kinerja.

E. Pengembangan berbasis kompetensi.

  • Unit kerja melakukan kebutuhan pegawai untuk pengembangan kompetensi. Melaksanakan rapat penyusunan analisis kebutuhan pengembangan pegawai. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir rapat, foto-foto, dokumen analisis kebutuhan pengembangan pegawai.
  • Dalam penyusunan rencana pengembangan kompetensi pegawai harus mempertimbangkan: hasil pengelolaan kinerja pegawai, penilaian SKP. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Undangan, notulen, daftar hadir, foto, dokumen rencana pengembangan dokumen kompetensi pegawai berdasarkan SKP.
  • Mengetahui presentasi kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung, capture fitur kompetensi pada aplikasi SIKEP
  • Pegawai di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri dipastikan telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat kompetensi lainnya. Dengan menginformasikan permintaan untuk mengikuti diklat. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: surat kepada pegawai yang bersangkutan perihal kesempatan mengikuti diklat/pengembangan kompetensi lainnya.
  • Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi unit kerja telah melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai dengan mengikut sertakan pada lembaga pelatihan, training, coaching, mentoring. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: surat usulan pegawai yang akan mengikuti diklat, daftar pegawai yang telah mengikuti diklat.
  • Monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan pegawai meliputi kegiatan: melakukan monitoring dan evaluasi serta membuat laporan terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam rangka perbaikan kinerja. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan dokumen laporan hasil monitoring dan hasil evaluasi.
  • Penetapan kinerja individu:
    1. Telah memiliki sistem penilaian kerja individu dan penilaian prestasi kerja bagi PNS Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Indikatornya : menetapkan sasaran kinerja pegawai (SKP) pada awal tahun melalui aplikasi SIKEP, menetapkan unit kerja(perjanjian kinerja/PK) pada awal tahun melalui Aplikasi E-Performance. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: SKP yang telah disetujui dan ditanda tangai oleh atas langsungnya, dokumen perjanjian kinerja yagn disetui atau ditanda tangani oleh atasan.
    2. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indicator kinerja individu level diatasnya, menyiapkan dokumen SKP berjenjang. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Dokumen SKP berjenjang.
    3. Telah melakukan pengukuran individu secara periodic melalui aplikasi SIKEP setiap bulan. Data dukung: dokumen pengukuran kinerja individu perbulan.
    4. Hasil penilaian kinerja individu dijadikan dasar untuk pemberian reward/pengembangan karier dan penghargaan. Meliputi kegiatan:
      1. Mengadakan rapat pemberian reward/penghargaan pegawai teladan berdasarkan penilaian kerja individu.
      2. Membuat surat keputusan pemberian reward berdasarkan penilaian kerja individu. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data pendukung undangan, notulen, daftar, hadir, foto rapat, Surat Keputusan (SK) pemberian reward berdasarkan hasil penilaian kinerja individu.
  • Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode prilaku/pedoman warga peradilan. Aturan disiplin/kode etik telah dilaksanakan/telah  iimplementasikan dengan kegiatan: melakukan sosialisasi aturan disiplin pegawai, menerapkan kewajiban pelaksanaan disiplin dengan cara berpakaian dinas sesuai aturan, ketepatan jam kerja, pelaksanaan apel senin pagi dan jumat sore, penegakan hukuman disiplin atas pelanggaran aturan disiplin. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data pendukung: dokumen sosialisasi, dokumen penerapan disiplin(foto dan daftar absensi), dokumen penegakan hukuman disiplin.
  • Sistem informasi personil.
  • Data informasi kepegawaian telah di mutakhirkan secara berkala
  • Adanya laporan hasil pemutakhiran data pegawai secara bulanan melalui aplikasi SIKEP.

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: laporan hasil pemutakhiran data pegawai secara bulanan melalui aplikasi SIKEP, update data sendiri oleh setiap pegawai, pindah data jabatan oleh setiap pegawai.

 

Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut : 

PENILAIAN KERJA

DATA PENDUKUNG WBK 2020

DATA PENDUKUNG WBBM 2021

1

Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi

Dokumen Usulan Kebutuhan Pegawai, Anjab, ABK, yang Terbaru Sesuai PERMA 7 2015

Dokumen Usulan Kebutuhan Pegawai, Anjab, ABK, yang Terbaru Sesuai PERMA 7 2015

Penempatan Pegawai Hasil Rekrutmen Sesuai Kebutuhan Pegawai

Penempatan Pegawai Hasil Rekrutmen Sesuai Kebutuhan Pegawai

Monev Analisis Kebutuhan Pegawai & Peta Jabatan

Monev Analisis Kebutuhan Pegawai Peta Jabatan

2

Pola Mutasi Internal

Prosedur Pengembangan Karir Pegawai

Prosedur Pengembangan Karir Pegawai

Pola Mutasi Internal

Pola Mutasi Internal

Monev Mutasi Internal

Monev Mutasi Internal

3

Pengembangan pegawai berbasis kompetensi

Pengusulan Mengikuti Diklat/Daftar Kebutuhan Diklat Untuk Semua Jabatan Baik Fungsional Maupun Struktural

Pengusulan Mengikuti Diklat/Daftar Kebutuhan Diklat Untuk Semua Jabatan Baik Fungsional Maupun Struktural

Pengembangan Kompetensi Pegawai Sesuai Hasil Pengelolaan Pegawai

Pengembangan Kompetensi Pegawai Sesuai Hasil Pengelolaan Pegawai

Kesenjangan Kompetensi Pegawai Sesuai Standar Kompetensi

Kesenjangan Kompetensi Pegawai Sesuai Standar Kompetensi

Surat Tugas Mengikuti Diklat

Surat Pemanggilan Mengikuti Diklat

Sosialisasi Pengembangan Kompetensi

Surat Tugas Mengikuti Diklat

Monev dan Tindak Lanjut Evaluasi Mengikuti Diklat

Monev dan Tindak Lanjut Evaluasi Mengikuti Diklat

4

Penetapan kinerja individu

Penetapan Prestasi Kerja

Formulir Sasaran Kerja

Ukuran Kinerja Individu telah Memiliki Kesesuaian dengan Individu Di Atasnya

Penilaian Prestasi Kerja

Penilaian Prestasi Kerja

Formulir Perjanjian Kinerja Individu

Penetapan Agen Perubahan

SK dan Sertifkat Agen Perubahan

5

Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai

Sosialisasi Aturan Kedisiplinan

Sosialisasi Aturan Kedisiplinan

6

Sistem Informasi Kepegawaian

Data informasi Pegawai melalui SIKEP

Data Informasi Pegawai melalui SIKEP dan ABS

 

 


 

Layanan dan Prosedur Berperkara Untuk Disabilitas

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kab. Kediri

Jl. Sekartaji, No. 12 - 64101

Ngasem - Kabupaten Kediri

Jawa Timur Telp: 0354 - 682175


Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

         Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


fc   ig  youtube MAPS 2


 

Pengadilan Agama Kabupaten Kediri@2020